Ads Top

Perlukah Blogger Dan Komentator Membuka Topeng?

Perlukah Anda membuka topeng ketika berselancar didunia maya, menunjukkan jati diri hanya untuk ketenaran belaka? Ini dunia maya yang sangat berbeda dengan kehidupan nyata dimana topeng hanya digunakan oleh badut dan tindak kriminal.

Kalian tak bisa mendiskriminasi bloggers yang mengenakan topeng untuk menutupi identitas diri mereka. Ini dunia maya, dan setiap orang berhak melakukan apa saja yang pantas menurut mereka. Apakah kalian mengecap blogger bertopeng sebagai penjahat dunia maya? Salah besar,... karena tak semua dari mereka yang menutup jati diri adalah penjahat, ada banyak alasan dan hampir dari semua pengguna internet pernah melakukannya.


Topeng Jejaring Sosial


Lihat saja pengguna jejaring sosial asal negeri sendiri yang lebih banyak tak mencantumkan identitas diri, lantas kalian mengecap mereka sebagai penjahat ataupun menyebutnya pengecut? Berapa orang yang menggunakan avatar asli? Menurutku hanya 10:1 dan berapa orang yang memiliki akun ganda? Hampir setiap orang yang kini menjadi trend realitas sosial!

topeng

Sebagai contoh ketika orang awam lupa dengan password akun jejaring sosial, mereka tak ingin direpotkan dengan berbagai pertanyaan mesin dan mengambil jalan pintas untuk membuat akun baru. Kemudian orang lain menemukan akun lama mereka dan mencoba berkomunikasi tanpa respon. Ada juga yang membuat akun ganda untuk mengelabui orang lain walaupun hanya untuk seorang gadis. Dimana personalisasi kalian ketika orang lain yang benar benar menemukan akun palsu tanpa komunikasi berekelanjutan? Dan tak salah jika Ayu Tingting menyebutnya 'Alamat Palsu' yang kini lebih banyak di dunia maya.


Topeng Menutupi Jati Diri Blogger


Seseorang yang setahun tak menghubungiku bertanya “Beberapa kali aku mencoba menghubungi-mu, tapi tak ada jawaban dan kantor itu bukan lagi atas nama perusahaan lama. Kalau berpindah tempat, tapi tak seharusnya berganti nomor telephone kan?”

Personalisasi, dimana kalian bisa saja dianggap seorang professional gadungan yang tidak mempunyai identitas diri dan tak bisa dihubungi setiap saat. Begitu pula halnya blogger yang butuh personalisasi, sebuah tempat nyata yang bisa melakukan interaksi satu sama lain.

Seperti bloggers papan atas yang mempunyai ribuan subscribers, mereka juga memiliki banyak domain yang mungkin dalam memperkenalkan salah satu domain juga menggunakan topeng. Tak ada salahnya memiliki topeng karena hal itu terkadang penting untuk monetize, tapi bukan menjual property yang menjadi personalisasi blogger.

Maksudku begini, kalian bisa saja jual beli berbagai domain tapi tidak untuk satu domain yang menyatakan identitas diri. Ini personalisasi dimana orang lain bisa menilai kalian sebagai seorang yang professional atau blogger yang mata duit-an. Ya,... ketika uang berbicara maka seseorang bisa saja menjadi Malin Kundang, atau bahkan membunuh keluarganya sendiri. Jikalau domain kalian hanya bernilai jutaan, aku rasa dengan monetize, jual beli, mungkin setahun sudah bisa mendapatkan nilai itu. Tapi ya itu tadi,... semua tergantung diri sendiri, sejauh mana kalian menilai personalisasi.

Domain seperti membeli tanah dipinggir kota yang lama kelamaan menjadi bagian dari inti kota, apakah kalian akan menjualnya atau berani mengambil resiko untuk ikut membangun persaingan bisnis?


Haruskah Membuka Topeng?


Aku tak menyatakan 'Ya' tapi sekalipun bertransaksi didunia nyata, kalian tak pernah tahu siapa pemilik saham sebenarnya. Bisa saja pemiliknya adalah atasan kalian juga! Ngga ada bedanya kan???

Bagaimana dengan-ku yang lagaknya ngomong seperti professional blogger? Aku juga menggunakan topeng dibeberapa domain yang memang khusus monetasi, tapi di domain utama ini kusuguhkan identitas diri tanpa topeng karena kalian lebih berharga daripada monetize dan domain lain.

96 komentar:

  1. hehehe sepertinya saya merasa sedang dibicarakan diantara sekian bloggers yang tidak membuka identitas diri. tentu saja ada alasan tersendiri yg membuatku tetap bertahan dengan keadaan sekarang. berharap sih tetap diterima, walau tak tampak wujudku seperti apa hehehe

    BalasHapus
  2. Aku gak pernah memakai topeng di avatar ku mas, paling gambar boneka dan pakai masker :lol:
    Tapi aku juga gak mau menuliskan semua secara vulgar di blog karena itu juga rahasia perusahaan. Kalau di aku jejaring sosial, bagiku itu hanya untuk Fun saja. Karena koemntar ku di jejaring sosial itu banyak ngocolnya dari pada seriusnya. Tapi aku gak mau berbanyak akun di jejaring sosial itu, karena aku juga berusaha menjalain hubungan pertemanan dengan mereka dan keabnyakan teman di jejaring sosial itu juga tidak pernah bertatap mukan sealipun :razz:

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    BalasHapus
  3. Hahah,... ko' ngerasani Mbak Niq. banyak blogger yang begitu ko' :)

    BalasHapus
  4. engga toh? Berarti saya yang keGRan hehehe

    BalasHapus
  5. Kurasa aku juga akan memakai topeng untuk blog monetize yang rancananya akan kubuat. Monetize tak mengenal kawan, So, untuk apa membuka diri.

    BalasHapus
  6. Nike, ..... aku pernah melihat penampakan dirimu sekilas. Berawal dari bocoran dari Lozzakabr di pesbuk dan berlanjut di mimpi :lol:

    BalasHapus
  7. palsu kuwi mas, jo dipercoyo ... tersesat ngko :P

    BalasHapus
  8. saya juga ngga pake topeng ko',... cuma kepingin modeling aja :P

    BalasHapus
  9. hah??? Aku ngga ikutan Pak Sugeng :D

    BalasHapus
  10. topeng bisa menikam temanmu, begitu?

    BalasHapus
  11. maksud Mbak yang pakaian biru kemarin tho???

    BalasHapus
  12. Berarti tulisan ini benar ya, sampai aku terkaget-kaget melihat jari manis nya :mrgreen:

    BalasHapus
  13. Kalo aku sekalian buat personal branding, ada sebagian yang dituutpi, kalo pasarnya bukan Indonesia

    BalasHapus
  14. Kalau saya dari awal memang gak pakai topeng mas, kalaupun dulu pakai nickname sekarang sudah dikasih pure name, hehe

    BalasHapus
  15. Wih banyak juga blogger malam disini,hehe

    BalasHapus
  16. Baha Andes (@SobatBercahaya)15 Jan 2012 09.18.00

    tulisan yg sangat menarik...

    aku lebih memilih buka topeng, biar mereka tau mana sisi baik dan mana sisi buruk yang aku punya tapi klo yg bersifat privacy banget ya masih dipertahankan.

    BalasHapus
  17. Saya tidak pakai topeng, walau avatar saya cuma separuh, saya tetap pakai baju lho

    BalasHapus
  18. lama ga berkumpul ke blog ini, ternyata dah berganti kulit yah :)

    Mengenai identitass blogger, saya sih yang sebenarnya aja, karena saya mank membuat agar dapat saling berbagi dan pastinya mendapatkan teman yang baru :)

    BalasHapus
  19. kalau blog yang saya pakai untuk komen di sini bukan anonim, tapi mungkin jadi anda pernah berkunjung di blog anonim saya hehe

    BalasHapus
  20. Saya beberapa kali menjumpai blogger yang profilenya anonim. Dan guyonan saya, ini pernah saya tulis di blog saya, semoga saya tidak sedang berinteraksi dengan anjing yang sedang ngeblog. :D

    Bagi saya profile itu sangat penting dan wajib ada karena bagian dari sisi trust. Terlepas blognya buat monetize apa tidak. Contoh misalnya saya cari sebuah referensi tentang teori listrik pasti saya lebih percaya dengan tulisan yang ditulis oleh seorang engineer daripada tulisan yang tak jelas siapa yang nulis dan apa kompetensinya karena yang nulis bertopeng.

    Mungkin dalam kasus ngeblog hanya buat iseng, main adsense, dan jual beli domain saja buka topeng memang tidak terlalu dibutuhkan. Tapi kalau sudah bergerak di bidang pelayanan jual barang dan jasa siapa profile pemilik situs dan dimana alamatnya saya rasa menjadi sesuatu yang sangat penting disebutkan. Betul?

    BalasHapus
  21. sebagai chaters dulu aku sering ganti id, tapi semenjak menjadi blogger tidak lagi. Pernah mencoba, tapi akhirnya diri ini sendiri yang tidak bisa bermain sandiwara. Akhirnya daripada bingung sendiri mending buka-bukaan. TAPI tentu saja aku tidak bisa mengumbar semuanya. Karena ada loh kenalanku dulu yang sampai menulis gajinya berapa hahaha.

    aku adalah aku... tanpa topeng :)

    BalasHapus
  22. Komentar saya sederhana saja : "kadang segala sesuatu tergantung situasi dan kondisi, termasuk membuka atau memakai topeng" :-D

    Heheheheheee...

    BalasHapus
  23. identitas diri bagi saya perlu juga dalam transaksi jual beli kadang kadang jadi ragu pada saat tawar menawar dengan nama A pada saat pembayaran ke no Rek dgn nama B akhirnya karena ragu pembelian online bisa batal,

    BalasHapus
  24. menurut sah sah saja tidak menunjukkan identitas diri di dunia maya. Dan memang banyak sekali layanan yang berbasis internet seperti jasa sewa domain yang melindungi identitas si pemiliknya. Yang terpenting adalah jika si pemilik identitas palsu bermaksud jahat dengan menipu misalnya maka semua kita kembalikan ke dia dan Tuhannya. Semua amal pasti ada balasannya baik di dunia atau di akherat nanti

    BalasHapus
  25. Memang benar, memang sebagai seorang blogger. Tidak ada salahnya, untuk mengenakan sebuah topeng. Makna topeng bukan hanya sebagai simbol pahlawan ataupun pengecut, tapi topeng juga bisa digunakan untuk melindungi jati diri. :)

    BalasHapus
  26. Selama ini saya ga pernah pake topeng di dunia maya. Pernah nyoba tp ga nyaman, makanya kembali lg ke wujud semula :)

    BalasHapus
  27. kalau saya, kalua mau cari2 teman di dumay, tetep yg diutamakan yang ga pake topeng.
    tapi bila mereka (yg pake topeng) ngajak kenalan duluan, saya tetap menerima, asalkan dalam interaksi selanjutnya masih dalam batas kewajaran & masih dalam norma2 yang berlaku.. :D

    BalasHapus
  28. Untuk sebagian orang dan sebagian kondisi mungkin topeng akan menikam teman, Bang.

    BalasHapus
  29. wah, saya gak pakai domain pak kalau bisnis, hehe, jadi gak pakai topeng2an, tapi bagi saya itu sah kok. yang penting tujuan pengumpulan uang itu tercapai. :D

    BalasHapus
  30. saya kagak pakai topeng mas,soalnya sama tidak pernah branding blog untuk mencari sesuap nasi
    saya ngeblog karena saya ingin berbagi

    BalasHapus
  31. wah berarti udah blogger pro juga nih mas wkwkw..
    emang harusnya ada yang dibuka sedikit supaya orang2 tau bahwa kita ada hadeeuuh :D
    tapi salut mas dengan para blogger yang emang fokusnya ke dunia tulis menulis hingga tulisan mereka menjadi buku dan laris di pasaran..dibanding monetizing blog yang kadang suka pake cara2 gak legal wkwkw

    BalasHapus
  32. Oh, begitu ya.... mudah2an saya nemu blog-nya sampean :D

    BalasHapus
  33. bagus itu,... jadi ngga keliatan kalau kita main2 walaupun bukan professional beneran :D

    BalasHapus
  34. Setiap orang punya 2 sisi,... jadi ngga perlu pembaca cuma disodorin sisi baik. Ada kalanya mereka juga perlu sisi buruk. Begitu kan?

    BalasHapus
  35. Lha itu avatarnya,... wajah penuh :D

    BalasHapus
  36. Pakai topeng juga ngga apa, asalkan siapapun yang meminta jati diri diberi dengan lengkap :)

    BalasHapus
  37. Hehehehe.... blog yang mana itu, Mas??? :P

    BalasHapus
  38. Betul Mas,... trusted. Siapa yang mau percaya dengan ocehan kita menawarkan dagangan kalau wajah-pun sungkan diberikan.

    BalasHapus
  39. Wah..... masa sih ada orang yang berani nulis salary,..... apa ngga takut dicibir 'sombong' :D

    BalasHapus
  40. Bener, intinya gunakan topeng pada tempatnya :)

    BalasHapus
  41. Jual beli tanpa syarat harus menggunakan identitas diri. Siapa sih yang mau transaksi dengan anonim?

    BalasHapus
  42. Ko mirip cerita sinetron ya,... mengembalikan kepada Tuhan.
    Saya kalau nemu pedagang online yang beginian langsung kabur :D

    BalasHapus
  43. Melindungi jati diri banyak makna lho,... negatif atau positif???

    BalasHapus
  44. Memang dasarnya pakai topeng memberatkan wajah, jadi enaknya dibuka saja :D

    BalasHapus
  45. sepanjang mereka yang mengacak, rusuh, onar,... saya rasa sah2 aja kan Mas ;)

    BalasHapus
  46. Hahahaha,.... pakai topeng kan bukan berarti 'nakal'. Yang penting tindak positifnya

    BalasHapus
  47. Bagus itu,... Tapi avatarnya ko' ngga muncul wajah ya? Update donk di gravatar :mrgreen:

    BalasHapus
  48. saya bukan blogger pro,... cuma nulis ko' :D

    BalasHapus
  49. Saya dari awal memang sudah narsis, pasang foto di blog, kopdar dengan siapa saja yang mau, dst.

    Tapi soal kehidupan pribadi, nggak banyak yang tau, karena saya memang hanya cerita kepada orang yang benar-benar bisa dipercaya.

    Soal blogger yang anonim, buat saya nggak ada masalah.

    BalasHapus
  50. dalam beberapa keadaan perlu.. dan kalau tutup topeng, pas kopdar, pasti jadi kejutan.

    BalasHapus
  51. wah kalo saya terbuka aja sih

    BalasHapus
  52. Sepertinya saya termasuk blogger bertopeng nih mas, maklum masih newbie di dunia perbloggingan n baru belajar mendekati dunia maya ini.

    BalasHapus
  53. mengapa background konten di blog ini jadi warna biru hitam keabu-abuan (bahkan sy kurang bisa menebak warna sebenarnya :)
    saya suka dgn tampilan sebelumnya. warna putih dgn teks hitam.
    apakah ini selera pemilik blog-nya semata, atau hasil survey keinginan pembaca ?
    mata saya selalu kesulitan membaca apa-apa diatas warna selain putih.

    berita bagusnya adalah : konten di blog ini semakin semakin berisi.

    salam

    BalasHapus
  54. Saya sendiri menggunakan Nama asli di domain ini. Selain untuk diary untuk masa nanti, juga ingin membangun image diri sebagai technopreneur (begitu ya tulisannya?) *halah*

    Akan tetapi, dibeberapa domain, sama seperti Anda. Ada beberapa yang tidak mencantumkan nama asli karena beberapa alasan :D

    Pembahasan menarik. Kembali kepada si bloggernya aja ;)

    BalasHapus
  55. He.. he.. iya nich mas wajah semua ternyata

    BalasHapus
  56. pake topeng bikin gerah ya gan :lol:
    selama yang kita lakuin wajar saya rasa gak perlu pake topeng segala :)

    BalasHapus
  57. perlu, mas, khususnya buat blogger. kalau jejaring sosial, ampun deh! kenapa mesti bersembunyi? biasanya yang pakai topeng itu suka ngumpet dan ndak biasa jalan2.

    BalasHapus
  58. saya sampe sekarang jg blm tau mas kaget itu sapa nama asline :D

    BalasHapus
  59. Saya juga ngga bakalan buka2-an soal kehidupan pribadi Mbak, lagian saya bukan penggosip :D

    BalasHapus
  60. Hahaha,..... kejutannya seperti tampan dan cantik? atau malah kebalikannya? :D

    BalasHapus
  61. Oh, maaf mas Daeng.
    Saya tau halaman ini tak enak dibaca oleh sebagian orang. Tapi menurut saya theme ini lebih pantas nangkring di halaman yang penuh gambar.
    Begitupun saya masih tetap mencari theme yang gampang dilihat.

    Terima kasih masukannya :)

    BalasHapus
  62. Oh ya menarik,... dan lebih menarik lagi Bloggers sekarang yang makin aneh2 :D

    BalasHapus
  63. Saya kalau pake topeng malah inget yan merampok Bank tempo hari :P

    BalasHapus
  64. Kalau di sosial media biasanya yang doyan kritik Pak,... bikin emosional :D

    BalasHapus
  65. Kenalan dulu Bang,... di socmed pasti nemu :mrgreen:

    BalasHapus
  66. nanti kalau buka topeng dikira narsis lho bang...wkwkwk

    BalasHapus
  67. dulu kebanyakan blogger memakai nama palsu. tapi sekarang banyak yg bergeser menjadi narsis dan kebelet eksis

    BalasHapus
  68. Baha Andes (@SobatBercahaya)18 Jan 2012 13.12.00

    yup betul banget

    BalasHapus
  69. buka dulu topengmu, haha kayak judul lagu, ya klo saya sih dari awal emang sudah blak blakan gak pake topeng topengan, toh yg terkenal kita sendiri haha,, kcuali gak mau terkenal :p

    BalasHapus
  70. Aku sih mengisi Indentitas Ðiri di blog asliku. Gak perlu pake topeng kan?

    Regards,
    Twitter: @elloaris

    BalasHapus
  71. emang zamnnya narsis *eh :D

    BalasHapus
  72. Sekarang ngga susah jadi artis kan? :P

    BalasHapus
  73. pake topeng atau tidak yang kita bisa menulis dengn hati di blog. itu yg penting menurut saya heheh

    BalasHapus
  74. Untuk blog personal sepertinya terlalu aneh kalau harus ngumpet2, itu malah merugikan bloggernya sendiri. Tapi kalau untuk blog2 monetize dan info2 terkini cukup deh pake nama 'admin' :D

    BalasHapus
  75. Kadangkala perlu juga untuk menyembunyikan sesuatu pada saat2 tertentu biar pada saatnya dapat memberikan surprise biar kaget, hehehehe....

    BalasHapus
  76. menurut saya sih tergantung dengan tujuan awal ngeblog mas.
    kalau memang untuk blog personal, ga masalah sih.
    kalau saya sih emang terang-terangan mas, ga perlu pakai topeng.
    kalah cakep dibanding topengnya.hehehe

    BalasHapus
  77. Menurut saya sah2 aja mas,,yang penting tujuannya baik dan tidak merugikan orang lain.

    Karena dengan adanya keterbukaan justru akan saling mengenal satu sama lainnya.

    BalasHapus
  78. Heheeh.... bener mas Darin. Sekarang zamannya narsis, rugi pakai topeng :mrgreen:

    BalasHapus
  79. Saya dari dulu kaget terus, dan untungnya ngga jantungan :P

    BalasHapus
  80. Hahahaha.... pakai topeng ngga narsis,... rugi tho? :lol:

    BalasHapus
  81. Blog ngga jauh dengan social media,... semakin jelas wajahnya akan muncul keakraban :D

    BalasHapus
  82. Kalau saya gak pakai topeng mas,,karena takut dibilang perampok hehehe :)

    BalasHapus
  83. hehe., ky ariel aja., "buka dulu topengmu"

    BalasHapus
  84. Dengan membuka identitas diri, bisa jadi keran rejeki akan terbuka dari sebuah jalan atau beberapa jalan yang tidak kita duga. Tapi kalau memakai topeng demi alasan privasi, ya itu kan hak dia. Yang penting tidak merugikan orang lain atau banyak orang saja. Prinsipnya itu saja bagi saya.

    BalasHapus
  85. Ya itu,... yang pertama 'rezeki'. menutup wajah terkadang membuat keraguan diantara kita *eh* :P

    BalasHapus
  86. aku tidak bertopeng lho, yaa...
    buat apa blogging kalau harus menyembunyikan identitas?

    BalasHapus
  87. saya juga gk nampilin identitas diri di blog ke 2. mampir ya :)

    BalasHapus
  88. dan memang begitu jelas wajah Pakdhe terpampang disini :mrgreen:

    BalasHapus
  89. Saya setuju dengan stetement "Tak ada salahnya memiliki topeng karena hal itu terkadang penting untuk monetize"...
    Saya sendiri ngga beranggapan bahwa blogger bertopeng itu orang yang tidak bisa dipercaya untuk bertransaksi, akan tetapi memang butuh waktu yang lama bagi kita/seseorang untuk bisa "menjual diri" (baca jual jasa) di dunia maya sehingga bisa mendapatkan sebuah kepercayaan dari orang lain... Saya sering bertransaksi didunia maya dengan blogger bertopeng seperti noviku10. Yang terpenting bagi saya adalah orang tersebut bisa diajak diajak kerja sama dan bisa dipercaya... Menggunakan nama asli saja belum tentu orang tersebut bisa dipercaya seperti yang bro katakan

    BalasHapus
  90. Malah yang terang2an pasang muka sering memberikan service jelek, dan ngga sedikit juga yang kabur. Yang penting niatnya, pakai topeng atau tidak bukan jaminan ;)

    BalasHapus
  91. Tidak semua blogger memakai topeng bahkan saya pun tak punya topeng

    BalasHapus
  92. make topeng atau tidak yang penting bisa dipercaya om, di kaskus semua pake topeng ^_^.
    i like your blog

    BalasHapus
  93. lho,... avatarnya masih ngga jelas Om. Coba ke Gravatar dulu :D

    BalasHapus
  94. wew! sadis bahasanya, "semoga saya tidak sedang berinteraksi dengan anjing yang sedang ngeblog"

    pas! saya shio ANJING lho :D

    BalasHapus
  95. jujur aja,gua lebih seneng buka topeng gan :D

    selain dapet temen baru , dapet ilmu juga dari sesama blogger :D


    artikelnya menarik gan , pengen nulis artikel menarik kayak agan , kok susah ya,mohon sarannya :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.