Ads Top

Blogger Anak Negeri Lebih Suka Balapan Rank?

Blogger sekarang makin aneh dan semakin nekad di tengah maraknya blog baru di tanah air, layaknya pacuan kuda yang saling berlomba memperebutkan Rank. Apakah rank masih menjadi target utama dalam mencari popularitas blog?

Dan menurut saya itu kuno, sekarang bukan zamannya lagi balapan traffic dan page rank yang dulu di puja banyak bloggers dan webmaster. Jadi, apa kira kira yang menjadi pangsa pasar layak bagi webmaster dan bloggers? Rank hanya sebuah simbol (menurut saya) yang belum tentu mempunyai reputasi dan konten menarik di dalamnya.


Rank Tinggi, Kalian Tertarik?


Eh, aku tak bermaksud menuduhmu melakukan kecurangan apalagi penipuan. Hanya saja mereka (pembaca) nantinya juga bakalan menyadari bahwa semua itu percuma. Anggap saja ini dunia Magician yang terkadang menutup mata kalian dengan kecepatan tangan.

marathon, lomba lari

Beberapa hari yang lalu seseorang mengirimkan email, yang intinya menawarkan pemasangan iklan di blog miliknya. Katanya sih,.. blog itu mempunyai trafik tinggi berkisar lebih dari 1000 hit setiap harinya. Oh,... aku cuma tersenyum dan menganggap itu hal biasa dalam online marketing, tapi sayang sekali... traffic tinggi itu menurut saya tak berarti. Toh,.. rank mereka tak jauh beda dengan blog milikku.

Kalian tahu tidak, bahwa blog ini hanya mempunyai hit tak lebih dari 200 visitor per hari dan itu sudah menyamai rank mereka yang mempunyai hit diatas 1000 per hari. Bukan menyombongkan diri, tapi rank bukan masalah penting bagi ku dan mungkin kalian perlu mengetahui satu hal. Hit bisa dibuat hingga bandwidth mu exeed, tapi tidak meningkatkan readers. Nah, begini ceritanya....


Antara Rank Dan Average Time, Cek Statistik Mu


Aku lebih mengutamakan average time (waktu rata rata) readers saat berada di halaman blog milikku. Semakin lama mereka berada disini, maka semakin tepat target konten yang kuberikan. Padahal awal mula blog ini dibentuk, visitors hanya menghabiskan waktu tak lebih dari setengah menit. Ya,... mereka hanya lewat membuang link atau merasa bahwa saya sedang mencari ketenaran.

Sekarang beda, waktu yang dihabiskan tak kurang dari 2.5 menit per bulan dan bahkan ada pula satu hari yang menghabiskan waktu readers lebih dari 10 menit. Jadi, aku bukan memberikan konten yang memalukan dan menjamin kalian Kaget saat membaca seluruh posting disini *ughhh... pede banget yach* :D
Artinya dengan average time seperti itu sebagian besar mereka bisa dikatakan 'membaca'. Bukan hanya sekedar lewat dan komen membuang link.

Apa pentingnya average time bagi blog kalian? Tentunya sangat berharga bagi kalian yang mengutamakan konten original apalagi memiliki nilai lebih seperti online marketing. Bukan traffic rank yang dibutuhkan, tapi ketika readers berlama lama di halaman blog,... maka itu merupakan suatu tanda bahwa umpan sedang di cicipi.


Menjaring Readers, Bukan Traffic Rank


Bloggers,... aku hanya menyarankan bahwa kalian sebaiknya menjaring readers, bukan balapan traffic rank. Ribuan hit dan page rank itu hanya kekonyolan, dongeng yang menjadi bunga tidur diantara mimpi-mimpi blogger. Nantinya akan datang sendiri dimana jaring kalian sudah dipenuhi readers. Apa yang terpenting dari semua cerita konyol ini? Konten.... titik!

Usahakan konten original dan bukan jiplakan yang belum pernah dibaca orang lain. Tampilkan gambar yang belum pernah dilihat, itu sebabnya saya lebih senang menggunakan photo gallery sendiri walaupun hanya melalui ponsel dan kamera saku murahan. Lebih jelasnya, gambar tersebut fantastis yang bisa membuat readers 'mengamati' hingga menghabiskan waktu lama di halaman blog kalian. Dan terakhir soal theme,..... itu sih tergantung selera, walaupun theme buruk rupa tapi konten 'Wah' toh nantinya mereka akan balik lagi.

Oh ya,... terima kasih bagi kalian yang sudah menghabiskan waktu disini. Sekarang terserah kalian, mengejar traffic rank atau mencari pembaca.

110 komentar:

  1. Ini gak ada hubungannya dengan obrolan kita semalam kan, Bang?
    Masalah PR dan trafic, aku gak terlalu mikiri itu untuk di blog baru. Mengejar trafic bisa menghabiskan waktu.

    BalasHapus
  2. wakakakaka.... Ngga lha Din,..... :P

    BalasHapus
  3. Boleh juga nih bang idenya, coba tak praktikkan dulu, kira2 avg saya naik kah?

    BalasHapus
  4. sepakat. dengan demikian, saya coba meneladani petuah tulisan ini. perlahan-lahan. :)

    BalasHapus
  5. Saleum,
    Membaca isi konten ini saya jadi teringat masalalu, karena dimasa lalu saya selalu terobsesi ingin ber PR tinggi padahal konten yang saya hadirkan rasanya jauh dari kesan bagus. sempat juga tercapai sih, tapi ada kesan tidak puas. sekarang saya ingin sedikit2 belajar menghargai tulisan. biarlah PR yg saya dapatkan secara jujur sajalah...
    saleum dmilano

    BalasHapus
  6. Untuk urusan blog personal, saya cenderung apa adanya, maksudnya tidak terlalu berfikir soal pagerank, taffic, dsb, meskipun sesekali itu terlintas.

    Menulis pun saya usahakan se-original mungkin, cenderung saya egois. Suka tidak suka, soal pengunjung biarlah seadanya. Yang penting saya menikmati aktivitas ngeblog saya.. :D

    BalasHapus
  7. dulu memang aku sangat memperhatikan Rank dan traffic... dan cukup bangga dengan performanceku waktu itu. Lalu sekitar awal tahun lalu mulai menurun...membuatku sedih (sekali). But, aku lebih memperhatikan orang-orang yang tetap dan terus datang ke blogku untuk membaca dan berkomentar.... dan menjaga silaturahmi dan persahabatan di antaranya. Itu jauuuuh lebih penting dari rank dan traffic :D

    BalasHapus
  8. terKAGET2 saya membacanya :D
    lebih kaget lagi karena tampilan blog ini sudah berubah :D
    jadi ketauan deh klo udah lama ga ke mari

    apa kabar bang?

    iyalah, aku pun sempat terheran2 tuh sama satu blogger yang mengklaim blognya didatangi sampai ribuan per hari, padahal masih baru. sampai tanya2 juga sama suami dan ku tunjukkan kualitas blognya ... suami sih mesem2 aja, dan katanya begini : "emang teteh mau dibuat seperti itu?" eh rupanya bisa juga toh ... ada cara juga rupanya, tapi tidaklah, biarlah blog ku apa adanya saja, dan setuju jadi pengen tau juga berapa lama sih setiap orang meluangkan waktu menikmati hidangan di rumah mayaku? *colek2 suami minta diajarin hehehe*

    BalasHapus
  9. betul betul betul. blogger sekarang aneh semua. saya ngerasa asing -o-a

    BalasHapus
  10. Kalau saya pakai perasaan saja.
    Dengan baca komentar yg masuk, saya akan tau dia cuman lewat atau membaca sampai habis, karena saya sering pasang kata kunci yg saya selipkan dalam postingan.

    BalasHapus
  11. kalau saya blogging itu hanya kebiasaan buruk bang...sumpah :D :D :mrgreen: :peace

    urusan konten saya jg berusaha membuat yg seORI mungkin kok bang, walaupun akhirnya cm dapet pembaca kesasar :D

    BalasHapus
  12. Setujuu.. :) saya pengen tulisan saya dibaca, bukan pengunjung banyak tapi cuma numpang tenar. Hehehe

    BalasHapus
  13. Yup, bener banget mas, skarang pagerank bukan menjadi soal lagi :D
    Dulu emang dipuja2, tapi skarang nggak kok.
    Kecuali untuk "jualan", soalnya adv cenderung tertarik memasang iklannya di blog ber-PR tinggi :D

    BalasHapus
  14. Salam kenal bro dr Newbie di ujung timur,hehe..
    Belum bsa byk comment,krn blum paham pagerank,average time dkk..he he.
    But,saya setju ttg konten yg origin n berkualitas.

    BalasHapus
  15. ya semuanya kembali kan ke pribadi seseorang masing2 :D
    mreka lebih tau dan berhak memutuskan :)

    BalasHapus
  16. he.. he.. bang tool nya kalo kita pengen tau rata2 lama orang yg baca artikel kita apa ya... ?. karena ada kepuasan tersendiri kalo artikel kita dibaca

    BalasHapus
  17. new visitor dari SE + avg time + bounce rate saya suka itu :)

    BalasHapus
  18. pak, saya boleh berpendapat berbeda kan? saya masih mementingkan hits, tapi natural hits atau human hits. Dengan target orang Indonesia juga. Kenapa? Karena mendatangkan Readers itu juga pertama dari hits. dengan banyaknya hits, berarti kita mampu untuk promosi ke pengguna internet. Istilahnya mengembangkan sayap lah. Jadi saya masih memilih banyak hits untuk menjaring readers2 baru. hehe.

    BalasHapus
  19. setuju kawan saya akan coba mengejar readers

    BalasHapus
  20. yang paling penting silaturahmi dan saling mendukung, sharing informasi..
    itu lah blogger sejati...bermanfaat untuk orang lain tanpa memperhatikan berapa pagerank dan traffic..
    traffic 50/hari saja bisa dapat pagerank 2 sperti blog ku ini deva software

    BalasHapus
  21. yang penting kualitas dari artikelnya gann, percuma klo hitsnya gede tapi cuma ilusi aja..
    klo artikelnya bagus, orang2 juga suka mampir nantinya

    slam blogwalking yaa :D

    BalasHapus
  22. makasih infonya mas, smakin mmbuat saya bersemangat utk membuat konten yg bermutu.. :)

    BalasHapus
  23. wah...bener-bener...tak selalu yang buka halaman itu membaca postingan kita.. ini baru Blogger :D
    gimana caranya tau lamanya pembaca berada di blog kita?
    salam

    BalasHapus
  24. pengennya sih memang menjaring reader sebanyak mungkin tapi kadang bingung juga bagaimana harus menulis untuk menjaring readers, ah saya masih nubie sih, menulis karena saya membutuhkan kegiatan itu setiap harinya untuk belajar meningkatkan keterampilan menulis :)

    BalasHapus
  25. Silahkan ngumpulin readers :)

    BalasHapus
  26. Monggo Pak Ananta :mrgreen:

    BalasHapus
  27. Nah, begitu lebih baik. Ngeblog dan nulis yang bener bang. Dengan sendirinya pondasi terbentuk :D

    BalasHapus
  28. Hahah,... saya pun demikian. Nulis disertai ego pasti hasilnya lebih hot *eh... :P

    BalasHapus
  29. Iya Mbak, ngga ada gunanya cuma ngelirik mereka yang lagi lewat. Loyalty dan mereka bener2 baca ngga sih? :)

    BalasHapus
  30. kalau menurut rank kagak penting,yang terpenting artikel yang kita sajikan bisa dimengerti & bermanfaat buat readers itu yang terpenting

    BalasHapus
  31. Hahaa,... baik Mbak Niq, tulisanmu selalu mengagumkan untuk kelas personal :D
    itu pujian lho,...

    Dan soal statistk itu gampang ko',.. kita bisa lihat sejauh mana respon pembaca di halaman blog. Pasti suami ikhlas ngajarin *kalo ngga ngeyel* :P

    BalasHapus
  32. Asing, bukan di pengasingan kan? :P

    BalasHapus
  33. Ah, kalau postingan Pak Mars simple. Masa sih ngga sanggup baca, kelewatan bener ;)

    BalasHapus
  34. Nah itu,... target kesasar yang nantinya balik lagi ;)

    BalasHapus
  35. Salaman :mrgreen:

    BalasHapus
  36. untuk jualan sepertinya juga butuh berlama-lama kan, artinya mereka tertarik. Tapi kalau ngarep page view kan terlalu kecil dibanding klik. Dan klik biasanya mereka yang nongkrong lama di halaman blog. kira2 begitu kan? :D

    BalasHapus
  37. Start yang bagus itu, pertahankan dan yakin nantinya meledak *eh :D

    BalasHapus
  38. Oh ya, betul... tak ada unsur paksaan ;)

    BalasHapus
  39. yeaaah,, banyak hal menarik yang terlalui di sini karena istirahat panjang kemaren2. hehe
    tapi alhamdulillah, ahirnya bsa menyapa kembali.

    Naah, kalau saya ngeblog dari awal ga pernah mikirin PR pak. Taunya nulis aja gitu, :D

    BalasHapus
  40. Saya masih pakai Om Google statistik, itu paling lengkap apalagi dengan fitur baru sekarang

    BalasHapus
  41. tepat sasaran maksud nya? :D

    BalasHapus
  42. Hahaha,... kalo nyasar dari SE itu emang target. Tapi yang disayangkan kalo hit itu dibuat dengan sendirinya seperti yang saya ceritain di atas. kalau hit nyasar dari SE kebanyakan meningkatkan Rank (terutama Alexa) dan readers pun sering berlama-lama dari SE.
    betul kan? :D

    BalasHapus
  43. Ah, saya sekarang masih mengejar angan2,.. kalau readers muncul sendiri *halah* :D

    BalasHapus
  44. Salam kenal, kunjungan perdana dirumah kaget ini.
    Saya sepakat dengan pendapat Om Kaget, walaupun sampai saat ini saya masih menulisi blog, tapi bukan untuk mencari hits, apalagi mau jadi artis dengan hits yang ngetop.... Ada suatu kepuasan tersendiri saat tulisan muncul dilayar blog, itu saja....

    BalasHapus
  45. Bener, kita ini berkompetisi dengan jutaan blog. jadi ikuti jalan masing2 dan tehnik yang baik. ;)

    BalasHapus
  46. Iya,... lihat aja blog2 gede itu. Mereka lebih jarang BW. toh orang mampir sendiri karena konten-nya ;)

    BalasHapus
  47. Yup,... teruskan. Leih baik hasil keringat sendiri daripada nantinya disindir orang :mrgreen:

    BalasHapus
  48. Sebenarnya itu kewajiban blogger, jadi tak hanya menulis tapi penting mengetahui sejauhmana respon readers melalui 'time'. Saya belum coba wordpress, apakah mereka menyediakan statistik time atau tidak. Soalnya saya pakai statistiknya Om Google, lebih komplit :D

    BalasHapus
  49. Lha itu,... memang dasar semua ini belajar menulis. Lama kelamaan semakin bagus dan readers bakal kecanduan dengan sendirinya. Ngga perlu diundang, mereka bakal datang sendiri :D

    BalasHapus
  50. tentunya ngeblog itu berbagi, dan harapan kecil kita agar terbaca. Justru itu kita perlu memahami 'seberapa lama' mereka menikmati posting. Soal trafik, itu cuma permen ko' :D

    BalasHapus
  51. Saya sepakat dengan Mas Kaget! :D

    BalasHapus
  52. wehehe bener banget mas..
    saya juga sekarang udah mulai menciptakan konten sendiri, kayanya ada kepuasan tersendiri ketika mempublishnya..hehe
    dan emang bener banget kalau cuma numpang lewat atau nyampah sih itu sudah biasa..
    blog kita kan untuk diapresiasi dan dinikmati.. hmm

    BalasHapus
  53. Ampun bang... Ampuuuun... :))
    Tapi saya setuju, konten berperan penting. Kalau kontennya bagus dan bermanfaat, orang pasti balik lagi.. :)

    BalasHapus
  54. kebetulan saya ngeblog buat berbagi dengan informasi (sebisanya) dan silaturahmi (juga se-bisanya) dengan blogger lain, untuk menambah wawasan dan teman. Jadi kalau urusan trafik, Serahkan saja apa adanya.. hahahaha :D

    BalasHapus
  55. salam kenal,saya mang masih kurang pede ma konten yang baik dan benar jadi butuh suport gar bsa di pahami dan gak cma numpang lewat

    BalasHapus
  56. saya setuju dengan pendapat mas,yang penting enjoy dalam blogging toh nanti juga dapat ranking

    BalasHapus
  57. Rank memang suka dilihat bagi saya seorang bloger baru. memang ada rasa senang bila ada pengunjung yang baca-baca dan memberikan komentar, setelah itu saya lebih senang apa bila blog saya berguna bagi para pembaca dan saya hanya mengejar itu saja, karena bila blog diisin dengan hal yang berguna, insa allah akan banyak yang baca.

    salam silaturahmi

    BalasHapus
  58. Bagi blogger yang mulai matre kayak saya ini, dua di atas (trafik dan reader) belum cukup, Mas. Masih ditambah lagi satu. Yaitu setelah trafik datang dan berapa banyak reader yang membaca tulisan di blog saya terus seberapa banyak closing transaksi yang dihasilkan. Percuma, ndak percuma tapi sayang, juga kalau trafik dan reader tinggi kalau tidak menghasilkan konversi penjualan. Bukan begitu, Mas? :D

    BalasHapus
  59. Saya juga selama ini yang penting konten original and pengunjung betah membaca udah cukup mas.
    Untuk rank itu sih anggap aja sebagai hadiah.hehe...

    BalasHapus
  60. Kejar2 rank saya rasa tak perlu, bagi saya lebih enjoy ngeblog dan bersilaturrahmi sambil berbagi informasi. Karena dari setiap blog yang kita kunjungi pasti ada hal yang bermanfaat yang dapat dijadikan pelajaran.

    BalasHapus
  61. Nulis konten sendiri juga gampang kan? Ngga perlu repot, 2 kalimat aja juga bisa publish ko' :)

    BalasHapus
  62. Heheh,... iya. Mikirin soal konten yang ternyata lebih penting ketimbang bajakan yang nanti ditertawakan orang :P

    BalasHapus
  63. rezeki urusan Tuhan, kita cuma mencari jalannya. Begitu juga traffic, ya tho????

    BalasHapus
  64. Ko' kurang pede???
    urusan siapa yang baca itu nanti,... yang penting publish dulu. Jari kan ngga jempol semua, bener??? :D

    BalasHapus
  65. Kalau menarik, pasti punya imbas balik.

    BalasHapus
  66. Saya juga ngga munafik dengan rank, tapi apa gunanya rank tinggi tapi cuma buat numpang lewat.

    BalasHapus
  67. Betul mas. dalam sisi marketing perlu ditambah lagi Mas Joko. Ngga cuma dua point itu, tapi 'Hipnotis' page itu lho yang bisa bikin jantung berdebar :D

    BalasHapus
  68. Kado hasil kerja keras, itu intinya :)

    BalasHapus
  69. Yup, kalau bermanfaat toh nantinya orrang lain bakalab nyari sendiri?

    BalasHapus
  70. Betul, Setuju.. *kaget* ^_^

    BalasHapus
  71. saya sangat setuju lebih baik kita menulis konten yang bagus dan bermanfaat utk orang banyak , semakin banyak orang membaca dr blog kita otomatis traffic dan rank akan bagus pula

    BalasHapus
  72. Assalaamu'alaikum wr.wb, mas kaget...

    Alhamdulillah, senang dapat bersilaturahmi lagi di tahun baru 2012. Blognya sudah bertukar wajah dan informasinya semakin keren.

    Saya setuju dengan mas Muhammad (Halaman Putih). Saya juga demikian, tidak mengerja rank kerana tujuan asal berblog bukan utnuk itu. Tarikan orang ke blog kita mungkin disebabkan sesuatu yang menarik terhidang di sana.

    Secara tidak langsung, berlaku aktivitas yang saling menarik antara satu sama lain untuk berkunjung balas.

    Salam ceria di penghujung pekan.

    BalasHapus
  73. Jujur,, sampai sekarang aku masih suka jika trafikku tinggi. tapi bukan berarti aku penggila trafik juga seh.. Yang paling penting adalah kalau blogger yang lainnya menjadi dekat dengan kita.. Ya mengasyikkan aja punya temen blogger kan yak :)

    BalasHapus
  74. walah, sejak dulu trafik blog saya juga ndak pernah bergeser dari kisaran angka antara 300-600-an, mas, hehe ... saya malah ndak pernah kepikiran utk ngejar trafik. maklum, bisanya hanya posting doang.

    BalasHapus
  75. Pagerank saya dua, teman2 menyarankan untuk menggunakan prinsip2 SEO supaya naik, tapi saya tak peduli, saya malah menyarankan mereka supaya gemar menulis dan membuat konten yang bagus :)

    BalasHapus
  76. wah Ibu, kembali lagi ya. Alhamdulillah....
    Ya, bu. Kita hanya berbagi, urusan readers suka atau tidak itu kan hanya efek samping ;)

    BalasHapus
  77. Blogger itu menyenangkan, tapi banyak juga lho yang jahil :P

    BalasHapus
  78. Bagus Pak. Sampe sekarang saya malah ngga bisa ngikuti feed Pak Sawali yang tiap hari update. Apalagi konten sendiri, ngga sanggup saya :D

    BalasHapus
  79. Apa sudah ada yang bilang kalo Om DV blogger yang aneh? :D

    BalasHapus
  80. iya bener. orang biasanya lebih fokus sama mendapatkan traffic tinggi. tapi bounce rate juga penting. biar kita tahu apakah pengunjung betah atau enggak di blog kita.

    BalasHapus
  81. Barusan kemarin saya membaca sebuah situs berita daerah saya yang menyatakan bahwa dia merupakan website paling populer didaerah saya, dan yang menjadi acuannya adalah alexa rank... huwkwkwkwkwk

    Alexa rank aja udah dibanggain bro, padahal belum tentu aveage time situs trsebut bagus....

    Btw kalau untuk situs yang dimonetise dengan PTR anda jualan link baru bisa balapan pagerank, kalau cuma buat situs personal memang saya rasa PR tidak terlalu mempengaruhi bro

    BalasHapus
  82. betul mas.. lebih baik menjaring reader daripada traffik..
    tp disesuaikan jg dengan tujuan blognya.. klo untuk bisnis ya mending trafik hehe

    BalasHapus
  83. saya sependapat dengan kekagetan ini. bahkan google pun tak menghiraukan page rank yang mereka buat, mereka hanya suka konten yang bagus dan original.

    BalasHapus
  84. setidaknya bisa menjadi patokan untuk memperbaiki postingan agar pembaca semakin betah

    BalasHapus
  85. Hahah,.. iya bener. Ini cuma untuk yang doyan nulis konten kualitas dan tentu beda donk buat blog yang monetize. Apalagi yang pake adsense,... satu detik pun tetap berguna :D

    BalasHapus
  86. Iya donk bang tom,... masa sih yang pake adsense juga disamain. Tergantung monetize-nya :D

    BalasHapus
  87. Semenjak Panda mulai mencakar, banyak yang sesak nafas :)

    BalasHapus
  88. Sangat setuju sekali!
    Reader first, page rank at hundreds! :)

    BalasHapus
  89. Saya pernah sekali mengalami lonjakan traffic blog pada 8 dan 9 September 2010 lalu. Angka kunjungan mencapai 140-an. Ada hubungannya dengan tragedi 11 September mungkin :)

    BalasHapus
  90. salaman Om dendy :D

    BalasHapus
  91. Atau cuma kebetulan????

    BalasHapus
  92. bisa juga sich. tapi sama sama dijalankan bisa. Rank, posting dan traffic. Semua ketiganya dijalankan. Artinya memburu rank jalan, memburu posting juga jalan serta traffic juga jalan. Apakah bisa? Bisa aja. He he he

    BalasHapus
  93. wah, saya menulis baru sebatas menulis saja. belum sampai kepikiran pada statistik dan page rank :)

    BalasHapus
  94. mantap mantap....

    cara liat average timenya gimandang?

    BalasHapus
  95. Eh Ketemu Pak Ananta disini :D

    BalasHapus
  96. Kenal Din? Siapa sih???

    BalasHapus
  97. hehehe. di dunia mayantara, jarak dan waktu antara kita menjadi nisbi, Din. :D

    BalasHapus
  98. Kenal lah Bang, pasukan Blogger Sumut juga. Kemarin baru ngopi bareng kami.

    BalasHapus
  99. Yes, sepakat. Dunia mayantara tak kenal jarak dan waktu.

    BalasHapus
  100. tsaaah sepertinya saya membaca dari atas sampai ke bawah sudah lebih semenit waktu yg terhabiskan loh :D
    ngeblog kalau tidak ada unsur matre sebenarnya tak butuh poin-poin itu, bahkan menulispun hanya sbg alat bantu otak yang sudah uzur termakan faktor "U", ada yg baca bahkan komen itu hanya bonus *halah*.
    Tapi kalau penganut "SEO" apapun dibutuhkan tidak hanya 2 poin itu :d

    BalasHapus
  101. Oh, ya tentu. Kalau blog matre saya malah singkat, targetnya memang bukan dibaca, tapi di rasa ne..
    eh, mas geblek Hoki bener,... komen ke 100 :D

    BalasHapus
  102. karena sudah HOKI, angpow mana angpow :d

    BalasHapus
  103. kalau saya yang penting nulis... masa bodo dengan rank dan hit... masa bodo dibaca atau kagak.. yang penting nulis..

    BalasHapus
  104. Hahahahah,..... salaman Mas :D

    BalasHapus
  105. makasih pencerahannya, mas
    sampai sebelum saya membaca tulisan ini, saya orang yg masih "memperhatikan dan peduli dengan jumlah visitor" :)

    BalasHapus
  106. ikhsan hafiyudin31 Jan 2012 06.44.00

    menginspiratif banget.. blog ku sepi hit juga sepi reader.. malum baru buat heheh

    BalasHapus
  107. biar plong dalam menulis memang sebaiknya gak mikiran PR dan rank ya Maz..

    BalasHapus
  108. Memang yang menjadi prinsip utama adalah bagaimana membuat reader terus betah menjadi pengunjung setia blog kita. Akan tetapi bagaimana mungkin kita mendapatkan tambahan pengunjung bila PR kita tertinggal? Sedangkan kita hanya mengandalkan traffic dari search engine.

    BalasHapus
  109. Pengunjung akan banyak berkunjung kalau konten artikelnya menarik...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.